Tentang Saya

~ I teach (and learn) for the same reason I breath. I am a teacher and a constant learner at the same time. ~ 
Jatuh cinta dengan kegiatan belajar dan mengajar, karena dua aktifitas inilah yang menjadikan peradaban terus tumbuh dan berkembang ^_^


--

Selama lebih dua puluh tahun terakhir hidup saya lebih banyak dihabiskan untuk kegiatan belajar mengajar. Yang utama tentu 'belajar dan mengajar' dalam konteks sebagai ayah bagi keempat putra saya. Kemudian mengajar untuk anak didik saya di sekolah dan di kampus. Saya telah mulai menjadi pendidik sejak saat saya masih tahun ketiga kuliah S1 dulu di Universitas Negeri Padang. Untuk bisa bertahan sebagai mahasiswa, saya harus mencari uang sendiri. Saya mengajar dari rumah ke rumah, sebelum saya bergabung dengan sebuah lembaga kursus Bahasa Inggris yang cukup dikenal di kota Padang. Setelah tamat kuliah, saya mengajar di berbagai institusi pendidikan dengan beragam peserta didik - mulai dari siswa SD, SLTP, SLTA, sampai perguruan tinggi. Saat ini saya menjadi staf pengajar di FKIP Universitas Riau, mengampu beberapa mata kuliah, seperti Teaching English as a Foreign Language (TEFL), Micro Teaching, English Teaching Strategies, Public Speaking, Writing, dan kelas Speaking.
Selain mengabdi di kampus, saya juga aktif terlibat dalam beberapa kegiatan pelatihan pengembangan Sumber Daya Manusia. Sejak mahasiswa, saya sudah menjadi pembicara dan atau trainer beberapa pelatihan tentang pengembangan Sumber Daya Manusia. Bersama beberapa teman di Padang, saya dulu ikut menginisiasi berdirinya Lembaga Trustco Cabang Padang. Kegiatan pengembangan SDM ini masih terus saya lakukan setelah tamat kuliah, termasuk ketika saya menjadi mahasiswa S2 dan S3 di Monash University Australia.

Walau tidak terlalu aktif, saya juga selalu berusaha menulis, baik di media sosial maupun di media cetak. Saya percaya menulis adalah cara kita mewariskan pengetahun kepada generasi mendatang. Tulisan-tulisan saya pernah diterbitkan oleh beberapa media, lokal dan nasional. Online maupun offline. Beberapa buku saya telah beredar di mancanegara, termasuk beberapa buku yang saya tulis bersama teman-teman ketika saya kuliah di Melbourne, Australia. Googling aja nama saya ya. You will find some of them :-)

Saya senang berbagi pengetahuan (knowledge sharing) dan bertukar pengalaman dengan berbagai kalangan, semisal pada kegiatan akademik seperti seminar dan workshop pendidikan, di dalam maupun luar negeri. Alhamdulillah, sejauh ini saya telah berkesempatan menjadi pembicara di beberapa konferensi internasional, seperti di Singapura, Kuala Lumpur, Australia, UK, Korea, Cina, Bangkok dan tentu di dalam negeri sendiri - Padang, Pekanbaru, Jambi, Palembang, Serang (Banten) dan Jakarta.

Jika ada diantara anda yang ingin mengundang saya, feel free mengontak saya. Bidang kajian yang sekarang saya tekuni adalah terkait pendidikan guru, pengajaran Bahasa Inggris, dan integrasi teknologi ke dalam pembelajaran.

I would be happy to share with you. For the sake of the betterness of our education :-)
---I have been teaching in various institutions in Indonesia, ranging from primary school to university level. I have completed my Ph.D in Teacher Education at Monash University Australia. My research interests range from (English) teacher training and education, English Language Teaching, to educational policy in the Indonesian context. I am available to share my knowledge with all interested teachers worldwide. Feel free to contact me through my email as seen in my blog :-). Many thanks!