Pelatihan Mendeley, Grammarly, Turnitin, dan NVivo 12

Dunia penelitian dan publikasi terus berkembang saat ini di Indonesia. Pemerintah terus mendorong para guru, dosen, peneliti, bahkan mahasiswa untuk terus produktif meneliti, menulis, dan memiliki publikasi. Semakin banyak publikasi orang Indonesia pada jurnal bereputasi, baik jurnal nasional maupun internasional, tentu akan memberi dampak baik pada performa Indonesia di khalayak akademik dunia.

Tantangannya adalah bahwa dunia riset dan publikasi adalah bidang yang tak bisa diselesaikan dalam satu hari. Dia membutuhkan ketrampilan yang kompleks. Tak hanya tentang bagaimana mencari ide, melakukan penelitian, mengumpulkan data, sampai memperoleh temuan, juga tentang bagaimana melaporkan hasil penelitian dengan bahasa yang baik sesuai dengan standar internasional. Itulah sebabnya, riset dan publikasi sering menjadi momok bagi sebagian mahasiswa dan akademisi.

Kabar baiknya adalah bahwa saat ini kita hidup di era digital, zaman di mana kita terkoneksi dengan jaringan internet yang masif. Pada saat yang sama, kita bisa mengenal dan menggunakan berbagai macam software dan atau aplikasi yang bisa membantu sebagian proses riset itu menjadi lebih mudah dan lebih efektif.


Sejak pulang sekolah dari Australia, saya cukup aktifkan memperkenalkan beberapa aplikasi ini ke mahasiswa, guru, dosen, dan peneliti di Indonesia melalui serangkaian pelatihan atau workshop. Bekerjasama dengan beberapa lembaga pengembangan sumber daya manusia, seperti Genfath Institute dan Bljar.ID saya, telah melakukan serangkaian workshop daring maupun luring. Workshop itu lebih dikenal dengan 'Workshop on Technologies for Effective Research and Publication'.


Beberapa materi yang dibahas dalam workshop berseri ini adalah sebagai berikut:

Sesi 1:

- Memanfaatkan database untuk menemukan literature yang relevan
- Mengelola sitasi dan referensi dengan aplikasi Mendeley

Sesi 2:

- Mengenal dan menggunakan artificial intellegence untuk plagiarism checker, pharaphrasing dan proof reading
- Mengenal NVivo 12 untuk mengolah data kualitatif

Sesi 3:

- Pengantar teknik Penulisan Artikel Ilmiah Internasional Bereputasi
- Teknis kepenulisan abstrak yang komprehensif
- Teknik memilih jurnal ilmiah internasional bereputasi dan mengidentifikasi jurnal abal-abal


Alhamdulillah, sejauh ini workshop berjalan dengan baik. Mayoritas peserta berkesan baik dengan konten dan pelaksanaan workshop.



Jika anda membutuhkan workshop dengan teman seperti di atas, silakan kontak kami. Anda bisa email saya di afrianto.a@lecturer.unri.ac.id atau follow akun IG saya di udo_anto, atau teks via WA di 081266777651.

Terimakasih.





I teach (and learn) for the same reason I breath. I am a teacher and a constant learner at the same time. --- Jatuh cinta dengan kegiatan belajar dan mengajar, karena dua aktifitas inilah yang menjadikan peradaban terus tumbuh dan berkembang ^_^ I have been teaching in various institutions in Indonesia, ranging from primary school to university level. I have just completed my Ph.D in Education at Monash University Australia. My research interest is on (English) teacher training and education, English Language Teaching, and educational policy in Indonesian context. I am available to share my knowledge with all interested teachers worldwide. Feel free to contact me through my email as seen in my blog :-). Many thanks!

Share this

Related Posts

Latest
Previous
Next Post »